DIKLATPelatihan Calon Analis Kebijakan
DESKRIPSIPelatihan ini dimaksudkan untuk mempersiapkan, membentuk, dan meningkatkan kompetensi dan profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Keuangan, khususnya para Calon Analis Kebijakan dalam melaksanakan kajian dan analisis kebijakan.

Materi pembelajaran pada pelatihan ini mencakup Konsep dan Studi Kebijakan Publik; Metodologi Kajian/Penelitian; Analisis Pemangku Kepentingan (Stakeholders Mapping); Analisis Kebijakan Publik; Dokumentasi Saran Kebijakan; Konsultasi Publik; Advokasi dalam Kebijakan Publik; dan Penyusunan DUPAK Jabatan Fungsional Analis Kebijakan (JFAK). Selama mengikuti pelatihan, peserta akan mengikuti aktivitas pembelajaran yang meliputi penyajian materi oleh pengajar, diskusi dan tanya jawab dengan pengajar dan sesama peserta, pengayaan materi dengan praktik, serta penugasan untuk membantu proses retensi pengetahuan dan keterampilan.

Evaluasi peserta Pelatihan Calon Analis Kebijakan dilakukan dengan memberikan penilaian pada komponen hasil belajar selama pelatihan dan penilaian atas sikap dan perilaku peserta. Selain itu, untuk mengukur perubahan penguasaan kompetensi yang diberikan selama pelatihan, peserta juga akan dievaluasi dengan menggunakan mekanisme Pre dan Post Test. Keberhasilan dan kemanfaatan pelatihan dalam menunjang pelaksanaan tugas JFAK juga akan diukur melalui Evaluasi Pasca Pelatihan.

Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran blended learning dalam rangka optimalisasi akses bagi peserta pelatihan sehingga kegiatan pengembangan SDM dalam kondisi New Normal dapat tetap berjalan.
PELAKSANAAN 12-Feb-2024 s.d 06-Mar-2024
JAMLAT168.00
RENCANA PESERTA25
PENYELENGGARAPusat Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Umum
RUMPUN DIKLATKebijakan Fiskal dan Kerangka Ekonomi Makro
METODE PEMBELAJARAN
KAP
Call Center Halo BPPK: Telp. 14004 Whatsapp 0812 9819 6377 Email: bppk.hubungikami@kemenkeu.go.id