DIKLATPelatihan Jarak Jauh Dasar-Dasar Input Output untuk Analisis Kebijakan Ekonomi Angkatan II
DESKRIPSIPelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Keuangan, khususnya di lingkungan Badan Kebijakan Fiskal (BKF), dalam menentukan metode penelitian sesuai karakteristik data, dan menggunakan metode Input Output untuk menganalisis kebijakan ekonomi.

Desain pembelajaran disusun sedemikian rupa agar peserta dapat memiliki pemahaman komprehensif terkait konsep tabel Input Output (IO), teknik pengolahan dan analisis data IO, mengolah dan menganalisis IO menggunakan aplikasi pengolah data, serta best practice penggunaan, analisis, dan penggunaan metode IO. Selama mengikuti pembelajaran peserta akan mengikuti aktivitas pembelajaran yang meliputi pembelajaran mandiri, penyajian materi oleh pengajar, diskusi dan tanya jawab dengan pengajar dan sesama peserta, pemberian contoh-contoh terkait penelitian yang menggunakan metode IO serta analisisnya, maupun penugasan dan diskusi kelompok untuk membantu proses retensi pengetahuan dan keterampilan.

Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran jarak jauh dalam rangka optimalisasi akses bagi peserta pelatihan sehingga kegiatan pengembangan SDM dalam kondisi Tatanan Normal Baru dapat tetap berjalan.

Untuk mengukur output program pembelajaran, peserta akan diberikan kesempatan untuk melakukan job enrichment berupa penyusunan laporan analisis kebijakan menggunakan metode IO dalam bentuk laporan dan/atau paparan untuk yang dapat disusun secara berkelompok.
PELAKSANAAN 23-Sep-2024 s.d 25-Oct-2024
JAMLAT78.00
RENCANA PESERTA35
PENYELENGGARAPusat Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Umum
RUMPUN DIKLATPenulisan Ilmiah
METODE PEMBELAJARAN
KAP
Call Center Halo BPPK: Telp. 14004 Whatsapp 0812 9819 6377 Email: bppk.hubungikami@kemenkeu.go.id