DIKLATPelatihan Jarak Jauh Pemanfaatan Hadoop dan Cloudera
DESKRIPSIPelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan pegawai di lingkungan Kementerian Keuangan dalam melakukan pengolahan, distribusi, dan analisis data dalam suatu Big Data unit eselon I dalam melakukan pengolahan, distribusi, dan analisis data menggunakan Hadoop dan Cloudera.

Materi program pembelajaran ini mencakup proses pengenalan, instalasi, penggunaan, dan analisis data menggunakan Hadoop dan Cloudera. Selama pelatihan, peserta akan mengikuti aktivitas pembelajaran secara synchronous dan asynchronous yang meliputi namun tidak terbatas pada: pemberian teori atau pengenalan untuk tahapan instalasi, simulasi pengoperasian dan pengenalan pemanfaatan output dari analisis data menggunakan aplikasi Hadoop, Cloudera Manager, Sqoop, Apache Spark, aplikasi Big Data Analytic sederhana dan Apache Kafka.

Guna mengetahui peningkatan pengetahuan peserta setelah mengikuti pelatihan ini, peserta akan mengerjakan tes sumatif yang sifatnya non kelulusan terkait dengan keseluruhan materi yang diberikan di akhir pelatihan.

Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode pembelajaran Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) dalam rangka optimalisasi akses bagi peserta pelatihan sehingga kegiatan pengembangan SDM dalam kondisi New Normal dapat tetap berjalan.
PELAKSANAAN 12-Aug-2024 s.d 16-Aug-2024
JAMLAT40.00
RENCANA PESERTA25
PENYELENGGARAPusat Pendidikan dan Pelatihan Keuangan Umum
RUMPUN DIKLATSistem Informasi
METODE PEMBELAJARAN
KAP
Call Center Halo BPPK: Telp. 14004 Whatsapp 0812 9819 6377 Email: bppk.hubungikami@kemenkeu.go.id